Pages

Kamis, 21 September 2023

Siapa Yang Akan Menjadi Cawapres Pilihan PDIP untuk Ganjar Pranowo

 Siapa Yang Akan Menjadi Cawapres Pilihan

 PDIP untuk Ganjar Pranowo 

Setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres untuk bertarung pada Pilpres 2024, perhatian publik kini mengarah pada siapa pasangan atau calon wakil presiden (cawapres) Ganjar.

Sandiaga Uno, Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Airlangga Hartarto termasuk di antara nama-nama yang disebutkan oleh Presiden Joko Widoo. Dia juga menteri BUMN. Lalu ada Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan, dan Gubernur Ridwan Kamil dari Jawa Barat. 

Dibaca juga : Ditanya Oleh Mahasiswa Soal Menjadi Presiden Apakah Menjadi Boneka Megawati Begini Jawaban Ganjar Pranowo,

Arya Fernandes, seorang pengamat politik dari Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), meramalkan bahwa partai kandidat presiden kemungkinan besar akan memilih sekutu dari partai itu jika margin elektabilitas masing-masing kandidat tidak terlalu besar. Prediksi ini dibuat berdasarkan temuan survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) antara 31 Maret dan 4 April 2023.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki tingkat elektabilitas 19,62%; Sandiaga Uno 18,9%; kemudian Erick Thohir hanya 13,0%. Adapun Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 9,1%; Khofifah Indar Parawansa elektabilitasnya 6,2%; Puan Maharani 5,4%; Airlangga Hartarto 2,7%; dan terakhir Muhaimin Iskandar 1,9%.

"Dalam situasi sekarang tentu cawapres yang berasal dari partai peluang dia untuk dicalonkan lebih besar. Karena cawapres non-partai juga tidak kuat-kuat amat secara elektoral," tutur Arya Fernandes kepada BBC News Indonesia, Senin (24/04).

Dia menambahkan bahwa pihaknya memiliki keuntungan mengantongi suara partai dan memperkuat partai koalisi jika calon wakil presiden dipilih dari partai itu. Apakah peran wakil presiden penting? Arya percaya bahwa parpol yang mendukung calon presiden pilihan mereka akan memberikan banyak pemikiran kepada para pawang.

Elektabilitas tiga calon presiden, termasuk Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto, “tidak dominan,” menurut analisis Arya terhadap data survei dari berbagai lembaga.

Indikator Politik Indonesia. misalnya. menempatkan Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan sebesar 22,2%, disusul Ganjar Pranowo 19,8% dan Anies Baswedan dengan 15,9%. Data yang tak jauh berbeda juga dimiliki lembaga Politika Research and Consulting (PRC) yang menunjukkan Prabowo Subianto di posisi teratas dengan 22,5%, urutan kedua adalah Ganjar Pranowo 20,2%, dan terakhir Anies Baswedan 17,9%.

Dengan jarak elektabilitas yang tipis itu, menurut Arya, kandidat cawapres krusial untuk memperlebar jarak.

"Dalam situasi yang kompetitif, faktor cawapres akan membantu meningkatkan suara capres," ujar Arya."Tentu dengan kualifikasi atau syarat cawapres itu harus punya karakter atau basis pemilih yang berbeda," sambungnya."Kalau karakter pemilih mereka sama, biasanya tidak akan berkontribusi pada perolehan suara."

Meskipun faktor utama untuk menggaet suara pemilih pada Pemilu nanti adalah sosok capres dan program kampanyenya. Siapa sebenarnya cawapres pilihan PDIP?

Dibaca juga : Strategi Marketing Yang Harus Diketahui Untuk Mengambangkan Usaha Anda,

Mengacu aturan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden, PDI Perjuangan menjadi partai yang dapat mengusung capres dan cawapres sendiri tanpa perlu koalisi.

Hanya saja, menurut Arya, PDIP akan tetap berkoalisi dengan partai lain."Koalisi jadi penting dalam politik kita yang majemuk atau beragam."

Setelah itu bersama rekan koalisi, PDIP baru akan mencari pasangan untuk Ganjar.

"Karena kalau mencari cawapres sekarang tapi tiba-tiba partai koalisi tidak setuju bisa repot."

Soal pendamping Ganjar, Presiden Jokowi sebelumnya membocorkan sejumlah nama yang dianggap cocok untuk jadi pendamping di Pemilu 2024 nanti. Mulai dari Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, sampai Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Menurut Sahabat juragan politik siapa yang pantas menjadi cawapres untuk ganjar pranowo di pemuli 2024 ini ?, tetap nanti kan info selanjutnya hanya di juraganpolitik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar