Pages

Sabtu, 30 September 2023

Baru Aja Safari Politik Kaesang, Bawa Boneka-untuk Ingatkan Kader PSI Politik Bergembira

 Baru Aja Safari Politik Kaesang, Bawa Boneka-untuk Ingatkan Kader PSI Politik Bergembira

 Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pengarep melakukan safari politik di Bali. Kaesang tampil santai saat menghadiri Konsolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Provinsi Bali. ia mengenakan baju kaus hitam, celana jin, seoatu sneaker, dan topi bucket.

Didampingi istrininya, Erina Sofia Gudono, ia juga membawa boneka teddy bear warna cokelat yang diberi nama 'James Junior'. Dia menyebut tak ada alasan khusus membawa boneka tersebut ke mana-mana.

"Ya itu, ya kan kita namanya untuk isi HP. Ya untuk nemenin HP. Namanya James Junior. Soalnya yang senior di rumah, gede," ucap Kaesang bercanda kegiatan yang berlangsung di Kuta, Badung, Bali, Sabtu (30/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kaesang bertemu dengan para kader PSI dan melakukan konsiludasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengingatkan kader PSI untuk berpolitik dengan gembira.

"Saya ingatkan, politik dengan bergembira. Nggak ada yang namanya mencela," kata Kaesang.

Dibaca juga: Inilah Survei Terbaru Capres 2024, Anies vs Ganjar vs Prabowo!

Kaesang meminta kader PSI untuk tidak menjatuhkan lawan politik demi mengaget popularitas. Menurutnya, gaya berpolitik seperti itu sudah usang. "Nggak usah, politik-politik gaya lama kita tinggalkan,"imbuhnya.

Ancam 'Sembeli' Kader PSI Jika Korupsi

Dalam safari politiknya di Bali, Kaesang juga berjanji menindak tegas kader PSI yang terlibat korupsi. Dia bahkan mengancam akan 'memenggal' kader itu sebelum dicicuk KPK.

"Kalau sampai melakukan itu (korupsi) dan belum dicopot (ditangkap) oleh KPK, tak 'sembelih' duluan," kata Kaesang.

Kaesang menyebut PSI turut mengajukan dan mendukung penuh Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset bagi koruptor. Seandainya aturan itu belum disahkan, Kaesang melanjutkan, PSI berkomitmen melakukan bersih-bersih di internal pantai.

"Kalau itu memang belum bisa disepakati oleh nanti di DPR, ya kami lalukan dulu secara internal. Kami rampas asetnya teman-teman," tegas Kaesang.

Kaesang Bicara Pilwalkot Depok

Kaesang juga menyatakan siap jika diminta oleh partai untuk maju menjadi calon Wali Kota Depok. "Depok pertama? Kenapa? Siap? Ya siap nggak siap, harus siap," kata Kaesang singkat kepada awak media.

Saat menerima kartu anggota PSI beberapa waktu lalu, Kaesang juga menyatakan siap jika diminta oleh partai untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Depok. 

Seandainya pun bukan dirinya yang ditugaskan maju, PSI memastikan akan ada sosok berkualitas tingkat nasional maju di Pilwalkot Depok 2024.

"tapi nanti. Kalau pun bukan saya, saya harus bisa memajukan dari PSI. Memajukan tokoh nasionalis yang memang punya kepabilitas untuk memajukan Kota Depok," katanya.

Dibaca juga: Siapa Yang Akan Jadi Cawapres pilihan PDIP untuk Ganjar PDIP Ganjar Pranowo,

Kaesang menambahkan PSI saat ini fokus untuk pemenangan empat persen secara nasional di Pemilu 2024. PSI juga berangan-angan dapat merebut kursi wakil ketua DPR dan frakasi.

"Pokoknya kita yakin di 2024 nanti kita akan menag dan kita akan ada fraksi di DPR RI. Syukur-syukur minimal wakil ketua DPR RI. Sekarang target kita tetap masih lolos parlemen threshold 4 persen, "tegas Kaesang.

'Pak Lurah' dan Deklarasi Dukungan untuk Pilpres 2024

Kaesang menegaskan partainya tidak akan buru-buru mendeklarasikan arah dukungan di Pilpres 2024. ia pun berkelakar bahwa arahan itu ia dapat dari bisikan seorang Pak Lurah.

"Kalau buat saya pribadi, kami terbuka untuk semuanya. Mau diminta untuk mendukung Pak Ganjar, Pak prabowo, Bahkan pak Anies pun, saya terbuka semuanya," tegas Kaesang.

Kaesang lantas berdalih bahwa bisik-bisik arahan Pak Lurah yang ia maksud adalah lurah di tempat tinggalnya. "Lurah saya di Jakarta, jangan salah sangkah loh. Masa saya nggak boleh minta saran dari lurah saya," kelakar dia tanpa menegaskan siapa yang ia maksud.

Ia lantas menyambung soal arahan tadi. Kaesang menegaskan akan mencari waktu yang tepat untuk menyatakan arah dukungan calin presiden. Yang pasti, lanjut Kaesang, PSI tidak menunggu arahan lurah, melainkan keputusan partai.

"Kita nggak menggangu (arahan Pak Lurah). Kami kan konsolidasi sendiri, kami partai sendiri kok. Kalau pas, waktunya pas. Lagian gini ini kan kami juga, sekarang partai kecil, 1,89 peresen. Saya rasa efeknya nggak begitu besar," pungkas Kaesang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat bicara soal 'Pak Lurah' di sidang bersama MPR/DPR/DPD RI 2023. Jokowi heran sering disebut 'Pak Lurah' oleh berbagi pihak.

"Saya sempat mikir siapa ini Pak Lurah, sedikit-sedikit kok Pak Lurah, belakangan saya tahu yang dimaksud Pak lura ternyata saya," kata jokowi saat pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023). dikutip dari detiknews.

Jokowi pun menegaskan dirinya bukan lurah. Dia mengatakan dirinya adalah Presiden Republik Indonesia. "Ya saya jawab saja, saya bukan lurah, saya adalah Presiden Republik Indonesia," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar